Minggu, 12 Desember 2010

Facebook



Facebook adalah sebuah situs web jejaring sosial populer yang diluncurkan pada 4 Februari 2004. Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg, seorang mahasiswa Harvard kelahiran 14 Mei 1984 dan mantan murid Ardsley High School.
Pada awal masa kuliahnya situs web jejaring sosial ini, keanggotaannya masih dibatasi untuk mahasiswa dari Harvard College. Dalam dua bulan selanjutnya, keanggotaannya diperluas ke sekolah lain di wilayah Boston (Boston College, Universitas Boston, MIT, Tufts), Rochester, Stanford, NYU, Northwestern, dan semua sekolah yang termasuk dalam Ivy League. Banyak perguruan tinggi lain yang selanjutnya ditambahkan berturut-turut dalam kurun waktu satu tahun setelah peluncurannya. Akhirnya, orang-orang yang memiliki alamat surat-e suatu universitas (seperti: .edu, .ac, .uk, dll) dari seluruh dunia dapat juga bergabung dengan situs jejaring sosial ini.


Selanjutnya dikembangkan pula jaringan untuk sekolah-sekolah tingkat atas dan beberapa perusahaan besar. Sejak 11 September 2006, orang dengan alamat surat-e apa pun dapat mendaftar di Facebook. Pengguna dapat memilih untuk bergabung dengan satu atau lebih jaringan yang tersedia, seperti berdasarkan sekolah, tempat kerja, atau wilayah geografis.
Hingga Juli 2007, facebook memiliki jumlah pengguna terdaftar paling besar di antara situs-situs yang berfokus pada sekolah dengan lebih dari 34 juta anggota aktif yang dimilikinya dari seluruh dunia.Dari September 2006 hingga September 2007, peringkatnya naik dari posisi ke-60 ke posisi ke-7 situs paling banyak dikunjungi, dan merupakan situs nomor satu untuk foto di Amerika Serikat, mengungguli situs publik lain seperti Flickr, dengan 8,5 juta foto dimuat setiap harinya.
Fitur hiburan dalam Facebook disebut aplikasi. Contohnya antara lain permainan video, kuis, dan lain sebagainya.
Pengguna dapat membuat profil dengan foto, kontak, ataupun informasi personil lainnya. Komunikasi dengan pengguna lainnya dapat dilakukan melalui pesan pribadi atau fitur chat. Pengguna juga dapat bergabung dengan grup atau halaman penghobi (fan pages), yang beberapa darinya dimiliki oleh organisasi sebagai wadah untuk beriklan. Untuk mengurangi kontroversi mengenai privasi, Facebook mengizinkan pengguna untuk memilih pengaturan privasi sesuai kemauannya, dan memilih siapa yang dapat melihat bagian-bagian dari profilnya.
Website ini mengratiskan untuk penggunannya dan mendapatkan keuntungan dari iklan, seperti iklan dalam bentuk gambar (banner ads)

Beberapa fakta tentang facebook



FACEBOOK membiayai perang di GAZA

Fenomena facebook begitu gempar di Indonesia, sampai-sampai ada facebook dalam bahasa indonesia. Saya heran bukan main, satu per satu teman saya mendaftar di facebook. Tidak heran kalau di tahun 2008 facebook meraup keuntungan 300 juta dollar amerika karena lebih dari 140 juta user aktif di seluruh dunia dan 8,5 juta foto dimuat tiap harinya. Bagi yang belum tahu apa itu facebook silakan lihat disini.
Facebook memberikan banyak kemudahan bagi kita, dari mulai menjalin relasi sampai cari uang dari facebook. Tapi keuntungan yang sebanyak itu digunakan untukmembiayai perang di Gaza. Benarkah?

Awalnya saya juga tidak sengaja reseach tentang facebook. Dari awal saya sangat tidak setuju dengan adanya agresi Israel di Gaza. Untuk membantu warga Gaza, saya hanya bisa berdoa dan berniat untuk memboikot produk-produk Israel. Dari artikel yang saya publish beberapa waktu lalu tentang pemboikotan produk-produk Amerika, ada komentar yang mengatakan bahwa facebook dan wordpress adalah milik amerika dan menyarankan untuk tidak memakainya lagi. Dari sini awal mulanya saya melakukan reseach tentang facebook dan wordpress.

Fakta - fakta :
- Facebook adalah milik Mark Zuckerberg, jika kita membaca artikel Mark Zuckerberg dalam bahasa indonesia tidak diketahui secara lengkap siapakah dia. Kalau kita membaca artikel tentang Mark Zuckerberg dalam bahasa inggris terdapat lengkap data diri si pembuat facebook ini.

- Siapakah sebenarnya si pendiri sekaligus CEO facebook ini? Dia adalah mahasiswa harvard university dan aktif sebagai anggota Alpha Epsilon Pi. What is Alpha Epsilon Pi? baca artikel ini.

- Alpha Epsilon Pi adalah seperti perkumpulan mahasiswa yahudi di amerika utara, yang mempunyai misi sebagai berikut,

Alpha Epsilon Pi, the Jewish Fraternity of North America, was founded to provide opportunities for Jewish men seeking the best possible college and fraternity experience. We have maintained the integrity of our purpose by strengthening our ties to the Jewish community and serving as a link between high school and career. Alpha Epsilon Pi develops leadership for the North American Jewish community at acritical time in a young man’s life. Alpha Epsilon Pi’s role is to encourage the Jewish student to remain dedicated to Jewish ideals,values, and ethics and to prepare the student to be one of tomorrow’s leaders so that he may help himself, his family, his community, and his people.

Yang intinya adalah sebagai tempat pengkaderan dan tempat mencari pemimpin baru bagi kaumnya, yaitu Yahudi.

- Fakta ke-empat sampai artikel ini ditulis serangan Israel di Gaza telah menewaskan lebih dari 600 palestinians.

- Facebook mendapatkan keuntungan dari iklan yang dipasang, semakin banyak user dan pengunjung facebook senakin banyak pula penghasilnya.


- investasi $500.000 dari Peter Thiel, co-founder Paypal-lah yang membantu peluncuran facebook.


- Pada awalnya, facebook hampir ditutup oleh tuntutan hukum. ConnectU, pesaing facebook mengklaim Mark Zuckenberg, (pendiri facebook) mencuri ide mereka untuk facebook. masalah ini akhirnya diselesaikan di luar pengadilan dengan kesepakatan yang tidak diungkapkan ke publik.

- saat ini, sekitar 400 juta orang “login” ke facebook mereka sedikitnya sekali dalam sebulan. 50% dari mereka bahkan setiap hari login ke facebook.

- Facebook merupakan sensasi international, 70% penggunanya hidup di luar Amerika Serikat, sedangkan facebook sendiri memiliki lebih dari 70 pilihan
bahasa.

- setengah dari penduduk Denmark memiliki facebook account yang aktif. (sekitar 2.421.380 orang dari 5.484.723 total penduduk)

- facebook menempati urutan kedua traffic website terbesar, setelah google di urutan pertama. youtube di posisi 3,sedangkan twitter peringkat 11,dan myspace di urutan 19.

- di tahun 2006, Yahoo pernah menawarkan kepada Zuckenberg, $1 Juta untuk saham facebook tapi di tolak. tahun 2009 facebook dibanderol dengan harga $4 Juta. sedangkan hari ini diperkirakan harganya sekitar $7.9 – $11 juta.

- Pages Michael Jackson di facebook berada di urutan pertama yang paling dikunjungi. di urutan kedua, hommer simpson, page facebook sendiri di urutan ke-3, kemudian barrack obama di posisi ke-4 dan starbucks
coffee di urutan 5.

- total Jumlah waktu bulanan yang telah di habiskan semua user facebook adalah : 8,3 milyar jam.

- total aplikasi yang aktif di facebook lebih dari 550.000 aplikasi dan bertambah tiap harinya.

- rata-rata per pengguna facebook mempunyai 130 teman.

- konten user di facebook seperti, foto dan video dapat di simpan oleh pengguna lain walau user yang punya konten tersebut telah men-disable atau tidak aktif sekalipun.

- Di australia, facebook telah masuk dalam sistem pengadilan negara tersebut. pemberitahuan pengadilan dapat dilayani melalui facebook. panggilan melalui facebook dianggap mengikat secara hukum.

- Facebook mendapatkan uang melalui iklan.pendapatan mereka tahun 2007 = $150 juta, 2008 = $300 juta, 2009 = $600-700 juta. dan target tahun 2010 adalah 1 milyar dollar.

- aplikasi facebook menduduki urutan pertama sebagai tren di jejaring sosial pada 2009 mengalahkan isu flu babi di uratan 3, lady gaga di urutan 12, bahkan isu agama yang menempati urutan 14

Tidak ada komentar:

Posting Komentar