Minggu, 20 Maret 2011

AMD



AMD (Advanced Micro Devices, Inc) NYSE: AMD adalah perusahaan semikonduktor multinasional Amerika Serikat yang berbasis di Sunnyvale, California yang mengembangkan prosesor komputer dan teknologi yang terkait untuk pasar konsumen dan komersial. Produk yang utama termasuk mikroprosesor, chipset motherboard, embedded prosesor kartu grafis (GPU) dan prosesor untuk server, workstation dan komputer pribadi (PC), dan teknologi prosesor untuk perangkat genggam, televisi digital, mobil, konsol game, dan aplikasi lainnya yang terdapat sistem.
AMD adalah terbesar kedua pemasok global mikroprosesor berdasarkan arsitektur x86 setelah Intel Corporation, dan ketiga terbesar pemasok unit pengolahan grafis. Ia juga memiliki 21 persen dari Spansion, pemasok non-volatile memori flash. Pada tahun 2007, AMD peringkat kesebelas antara produsen semikonduktor dari segi pendapatan.
Pabrik pertama berada di Austin, Texas, Amerika dan pabrik kedua berada di Dresden, Jerman yang ditetapkan untuk memproduksi Athlon saja. Bila semuanya berjalan lancar, mimpi harga sistim PC akan dapat lebih murah bisa terwujud karena tidak lagi di monopoli oleh Intel.
AMD mengumumkan merger dengan ATI Technologies pada 24 Juli 2006. AMD dibayar $ 4,3 miliar dalam bentuk uang tunai dan 58 juta saham dari saham dengan total sebesar US $ 5,4 miliar. Merger selesai pada 25 Oktober 2006 dan ATI sekarang bagian dari AMD.
Beberapa produk mikroprosesornya yaitu:
ejarah perusahaan
Advanced Micro Devices didirikan pada tanggal 1 Mei 1969, oleh sekelompok mantan eksekutif dari Fairchild Semiconductor, termasuk Jerry Sanders III, Ed Turney, John Carey, Sven Simonsen, Jack Gifford dan tiga anggota dari Gifford tim, Frank Botte, Jim Giles dan Larry Stenger. Perusahaan mulai sebagai produser chip logika, kemudian memasuki RAM chip bisnis pada tahun 1975. Tahun yang sama, ini memperkenalkan rekayasa terbalik tiruan dari mikroprosesor Intel 8080. Selama periode ini, AMD juga dirancang dan diproduksi serangkaian unsur dipunyai prosesor (Am2900, Am29116, Am293xx) yang digunakan dalam berbagai komputer mini desain.

Selama waktu ini, AMD mencoba untuk merangkul pergeseran dirasakan menuju RISC dengan prosesor AMD 29 K mereka sendiri, dan mereka berusaha untuk diversifikasi ke grafis dan perangkat audio serta EPROM memori. Itu beberapa keberhasilan di pertengahan 1980-an dengan AMD7910 dan AMD7911 "Dunia Chip" FSK modem, salah satu pertama perangkat multistandard yang menutupi Bell dan CCITT nada di hingga 1200 baud setengah dupleks atau 300/300 full duplex. AMD 29 K selamat sebagai prosesor tertanam dan AMD spin-off Spansion terus membuat industri terkemuka flash memory. AMD memutuskan untuk beralih gigi dan berkonsentrasi semata-mata pada mikroprosesor Intel-kompatibel dan flash memory, menempatkan mereka dalam kompetisi langsung dengan Intel untuk x 86 prosesor yang kompatibel dan pasar sekunder mereka memori flash.

AMD mengumumkan merger dengan ATI Technologies pada 24 Juli 2006. AMD dibayar $4,3 miliar dalam bentuk tunai dan 58 juta saham dari saham dengan total sebesar US$ 5,4 miliar. Merger selesai pada 25 Oktober 2006 [4] dan ATI sekarang bagian dari AMD.

Dilaporkan pada Desember 2006 bahwa AMD, bersama dengan saingan utamanya di industri grafis Nvidia, menerima panggilan dari pengadilan dari Departemen Kehakiman mengenai kemungkinan pelanggaran antitrust di industri kartu grafis, termasuk undang-undang memperbaiki harga.[5]

Pada Oktober 2008, AMD mengumumkan rencana untuk berputar dari manufaktur operasi dalam bentuk multibillion-dollar patungan dengan Advanced teknologi investasi Co, sebuah perusahaan investasi yang dibentuk oleh pemerintah Abu Dhabi. Usaha baru yang disebut memproduksi Inc. Ini akan memungkinkan AMD untuk fokus hanya pada chip desain.[6]
Sejarah pasar prosesor

Pada bulan Februari 1982, AMD menandatangani kontrak dengan Intel, menjadi produsen kedua-sumber berlisensi prosesor 8086 dan 8088. IBM ingin menggunakan Intel 8088 dalam IBM PC, tapi IBM kebijakan saat memerlukan setidaknya dua sumber untuk chip yang. AMD kemudian diproduksi Am286 di bawah pengaturan yang sama, tetapi Intel dibatalkan perjanjian pada tahun 1986 dan menolak untuk menyampaikan rincian teknis bagian i386. AMD menantang Intel's decision to membatalkan perjanjian dan memenangkan pada arbitrase, tetapi Intel diperdebatkan keputusan ini. Sengketa hukum lama diikuti, berakhir pada tahun 1994 ketika Mahkamah Agung California berpihak AMD. Berikutnya sengketa hukum yang berpusat pada apakah AMD memiliki hak hukum untuk menggunakan turunan dari Intel diintegrasikan. In the face of ketidakpastian, AMD terpaksa mengembangkan versi membersihkan kamar dirancang Intel kode.

Pada tahun 1991, AMD dirilis Am386, yang kloning dari Intel 386 prosesor. Butuh waktu kurang dari satu tahun bagi perusahaan untuk menjual satu juta unit. Kemudian, Am486 digunakan oleh sejumlah besar manufaktur peralatan asli, termasuk Compaq, dan terbukti populer. Produk berbasis Am486 lain, Am5x86, kesuksesan AMD sebagai alternatif harga rendah. Namun, sebagai produk siklus dipendekkan dalam PC industri, proses reverse engineering Intel produk menjadi strategi yang pernah kurang layak untuk AMD.

AMD pertama in-house x 86 processor adalah K5 yang diluncurkan pada tahun 1996.[7] "K" adalah referensi ke Kryptonite, yang dari buku komik pengetahuan, satu-satunya substansi (radioaktif buah planet rumah nya) yang dapat membahayakan Superman, jelas merujuk Intel, yang mendominasi di pasar saat itu, sebagai "Superman".[8] Angka "5" mengacu pada generasi kelima prosesor, Intel yang diperkenalkan sebagai Pentium karena kita merek dagang dan kantor paten memerintah bahwa angka-angka yang hanya bisa tidak harus bermerek dagang.

Pada tahun 1996, AMD dibeli NexGen khusus untuk hak mereka Nx serangkaian x 86-kompatibel prosesor. AMD memberikan tim desain NexGen bangunan mereka sendiri, meninggalkan mereka sendirian, dan memberi mereka waktu dan uang untuk ulang Nx686. Hasilnya adalah prosesor AMD K6, diperkenalkan pada tahun 1997. Meskipun K6 berdasarkan pada soket 7, varian seperti AMD K6-2/450 lebih cepat daripada Intel Pentium II (prosesor generasi keenam).

K7 adalah generasi ketujuh AMD x 86
, membuat debut pada tanggal 23 Juni 1999, di bawah nama merek Athlon. Tidak seperti sebelumnya AMD prosesor, itu tidak dapat digunakan pada motherboard yang sama sebagai Intels' karena untuk lisensi isu seputar Intel Slot 1 konektor, dan sebagai gantinya digunakan Slot A konektor, dirujuk ke bus prosesor Alpha. Duron adalah lebih rendah biaya dan terbatas versi dari Athlon (64 KB bukannya 256 KB L2 cache) di PGA socketed 462-pin (Soket A) atau disolder langsung ke motherboard. Sempron dirilis sebagai yang lebih rendah biaya Athlon XP menggantikan Duron di era A PGA soket dan karena bermigrasi ke atas ke semua soket baru hingga AM3.

Pada tanggal 9 Oktober 2001 Athlon XP dirilis, diikuti oleh Athlon XP dengan 512 KB L2 Cache pada 10 Februari 2003.[9]

Athlon 64, Opteron dan Phenom

K8 adalah revisi besar arsitektur K7, dengan fitur-fitur yang paling menonjol menjadi penambahan ekstensi 64-bit untuk x 86 instruction set (secara resmi disebut AMD64), penggabungan pada chip memori kontrol, dan pelaksanaan sangat tinggi kinerja point-to-point interconnect disebut HyperTransport, sebagai bagian dari langsung menghubungkan arsitektur. Teknologi ini awalnya diluncurkan sebagai berorientasi server Opteron prosesor.[10] Tak lama kemudian dimasukkan dalam produk untuk PC desktop yang bermerek Athlon 64.[11]

AMD dirilis pertama dual core Opteron, x 86 server berbasis CPU, pada 21 April 2005.[12] Pertama berbasis desktop dual core prosesor keluarga-Athlon 64 X 2-datang sebulan kemudian.[13] Pada bulan Mei 2007, AMD telah meninggalkan string "64" di dual-core desktop produk merek, menjadi Athlon X 2, mengecilkan arti penting dari 64-bit komputasi di prosesor yang sementara update mendatang terlibat beberapa perbaikan untuk mikroarsitektur, dan pergeseran pasar sasaran dari sistem desktop utama untuk nilai dual-core sistem desktop. AMD telah juga mulai melepaskan prosesor dual-core Sempron pada awal tahun 2008 secara eksklusif di Cina, dicap sebagai seri Sempron 2000, dengan kecepatan HyperTransport lebih rendah dan lebih kecil L2 cache, sehingga perusahaan menyelesaikan portofolio dual-core produk untuk setiap segmen pasar.

Arsitektur mikroprosesor AMD terbaru, dikenal sebagai K10, menjadi penerus mikroarsitektur K8. Prosesor pertama yang dirilis pada arsitektur ini diperkenalkan pada tanggal 10 September 2007 terdiri dari sembilan quad-core Opteron generasi ketiga prosesor. Hal ini diikuti oleh prosesor Phenom untuk desktop. Datang K10 prosesor dual-core, triple-core, [14] dan quad-core versi dengan semua Core pada satu mati. Baru platform codename "Spider" dirilis memanfaatkan baru prosesor Phenom serta R770 GPU dan chipset GX/FX 790 serial chipset AMD 700. Ini adalah dibangun di 65nm, dan karenanya tidak kompetitif dengan Intel yang sudah berkembang untuk yang lebih kecil dan lebih banyak kekuatan efisien 45nm simpul.

Pada bulan Januari 2009 AMD dirilis garis prosesor baru yang dijuluki Phenom II, refresh Phenom asli yang dibangun menggunakan proses 45 nm. Seiring dengan ini datang baru platform codename "Dragon" yang digunakan baru prosesor Phenom II, ATI R770 GPU dari keluarga R700 GPU, serta chipset GX/FX 790 serial chipset AMD 700. Ini datang dalam dual-core, triple-core dan quad-core varian, semua menggunakan mati sama dengan Core dinonaktifkan untuk versi triple-core dan dual-core. Ini menyelesaikan masalah-masalah yang Phenom asli termasuk rendah clock speed, cache L3 kecil dan Cool'n ' tenang bug yang menurun kinerja. Ini adalah harga dan kinerja yang kompetitif dengan Intel pertengahan rentang tinggi Core 2 Quad. Prosesor juga ditingkatkan Phenom memori kontrol, memungkinkan untuk menggunakan DDR3 dalam soket asli baru AM3, sementara menjaga mundur kompatibilitas dengan AM2 +, soket digunakan untuk Phenom, dan memungkinkan penggunaan memori DDR2 yang digunakan dengan platform. Pada tahun 2010 baru Phenom II heksa-inti prosesor codenamed "thuban" dirilis. Ini adalah benar-benar baru mati berdasarkan heksa-core "Istanbul" Opteron prosesor. Ini akan menjadi bagian dari AMD baru antusias platform codenamed "Leo" memanfaatkan baru prosesor Phenom II, sebuah chipset baru dari seri chipset AMD 800 dan ATI "Cypress" GPU dari Evergreen (GPU keluarga) seri GPU.

Bagian server Magny Cours dan Lisbon akan dirilis tahun 2010. Bagian Magny Cours akan datang dalam 8 sampai 12 Core dan bagian Lisbon akan datang dalam 4 dan 6 bagian inti. Magny Cours terfokus pada kinerja sementara bagian Lisbon difokuskan pada tinggi kinerja per watt. Magny Cours adalah MCM (Multi-Chip modul) dengan dua heksa-core Opteron "Istanbul" bagian. Ini akan menggunakan soket G34 baru untuk dual quad soket prosesor dan dengan demikian akan dipasarkan sebagai seri 61xx Opteron prosesor. Lisbon menggunakan C32 soket bersertifikat untuk penggunaan ganda soket atau soket tunggal menggunakan hanya dan dengan demikian akan dipasarkan sebagai 41xx Opteron prosesor. Keduanya akan dibangun pada proses 45 nm SOI.

Fusion

Setelah merger antara AMD dan ATI, inisiatif codenamed Fusion diumumkan bahwa akan menggabungkan CPU dan GPU pada
beberapa dari mereka tingkat entri keripik, termasuk 16 jalur PCI Express link minimal untuk mengakomodasi eksternal peripherals PCI Express, sehingga menghilangkan persyaratan northbridge chip sepenuhnya dari motherboard. Inisiatif akan melihat beberapa pengolahan yang awalnya dilakukan pada CPU (misalnya Floating Point Unit operasi) pindah ke GPU, yang lebih dioptimalkan untuk perhitungan seperti perhitungan Floating Point Unit. Ini disebut oleh AMD sebagai dipercepat Processing Unit (APU).[15] AMD akan bergerak untuk metodologi desain modular yang bernama "M-ruang", di mana dua core prosesor yang baru, nama kode "Buldoser" dan "Bobcat" akan dirilis; Buldoser adalah dijadwalkan untuk kerangka waktu 2011, sedangkan Bobcat diharapkan pada Q4 2010.[16]

Sementara sangat sedikit informasi awal ada bahkan di AMD teknologi analis hari 2007, Core kedua yang dibangun dari tanah. Buldoser inti terfokus pada 10 watt untuk 100 watt produk, dengan optimasi kinerja-per-watt rasio dan HPC aplikasi dan termasuk baru mengumumkan XOP, FMA4 dan CVT16 petunjuk, [17] sementara inti Bobcat akan fokus pada 1 watt 10 watt produk, mengingat bahwa inti disederhanakan x 86 inti untuk mengurangi kekuasaan menarik. Keduanya Core akan dapat memasukkan penuh DirectX kompatibel GPU core(s) di bawah Fusion label, atau sebagai standalone produk sebagai tujuan umum CPU.

Llano adalah kedua APU dirilis, [16] ditargetkan pada pasar utama.[15] Ini akan menggabungkan CPU dan GPU mati sama, serta fungsi Northbridge, dan label pada AMD timeline baru menggunakan soket "am3r2" dengan memori DDR3. Ini akan, bagaimanapun, tidak boleh didasarkan pada inti buldoser baru dan bahkan akan mirip dengan saat ini Phenom II "Deneb" prosesor yang melayani sebagai prosesor AMD high-end sampai pelepasan 32 nm bagian yang baru.

Buldoser diturunkan menjadi dua bilangan bulat Core mampu pengolahan bilangan bulat dan satu titik mengambang unit (FPU). Ini akan terlihat oleh OS sebagai dua Core dan semua AMD baru 2011, 32 nm high-end desktop dan server bagian akan dibangun di atasnya, termasuk Zambezi dan Orochi untuk desktop, Interlagos, dan Valencia untuk pasar server.

Platform lain dan teknologi

Chipset AMD


Sebelum peluncuran Athlon 64 prosesor pada tahun 2003, chipset AMD dirancang untuk mereka prosesor yang mencakup generasi prosesor AMD K6 dan K7. Chipset termasuk AMD-640, AMD-751 dan chipset AMD-761. Situasi berubah pada tahun 2003 dengan dirilisnya Athlon 64 prosesor, dan AMD memilih untuk tidak lebih lanjut desain sendiri chipset untuk prosesor desktop yang saat membuka platform desktop untuk memungkinkan perusahaan lainnya untuk desain chipset. Ini adalah "Platform terbuka ATI, VIA dan SiS mengembangkan chipset mereka sendiri untuk Athlon 64 prosesor dan kemudian Athlon 64 X 2 dan Athlon 64 FX prosesor, termasuk platform Quad FX chipset dari Nvidia.

Inisiatif melangkah lebih jauh dengan rilis Opteron prosesor server karena AMD berhenti desain server chipset pada tahun 2004 setelah melepaskan chipset AMD-8111, dan lagi membuka platform server untuk perusahaan-perusahaan untuk mengembangkan chipset untuk Opteron prosesor. Hari ini, Nvidia dan Broadcom adalah perusahaan merancang satu-satunya server chipset untuk Opteron prosesor.

Sebagai perusahaan menyelesaikan akuisisi ATI Technologies pada tahun 2006, perusahaan memperoleh ATI tim desain untuk chipset yang sebelumnya dirancang Radeon Xpress 200 dan chipset Radeon Xpress 3200. AMD kemudian berganti nama menjadi chipsets for AMD prosesor di bawah AMD merek (misalnya, chipset CrossFire Xpress 3200 kemudian diganti namanya menjadi AMD 580 X CrossFire chipset). Pada Februari 2007, AMD mengumumkan chipset AMD-merek pertama sejak 2004 dengan rilis chipset AMD 690 G (sebelumnya di bawah pengembangan codename RS690), ditargetkan pada arus utama IGP komputasi. Itu industri pertama untuk menerapkan port HDMI 1.2 pada motherboard, pengiriman untuk lebih dari satu juta unit. Sementara ATI telah ditujukan untuk melepaskan Intel IGP chipset, rencana ini dihapus dan persediaan Radeon Xpress 1250 (codenamed RS600, dijual di bawah merek ATI) dijual untuk OEM dua, Abit dan ASRock. Meskipun AMD menyatakan perusahaan akan tetap menghasilkan chipset Intel, Intel telah diberikan lisensi 1333 MHz FSB untuk ATI.

Pada tanggal 15 November 2007, AMD mengumumkan baru chipset seri portofolio, AMD seri 7 chipset, yang meliputi dari antusias multi-graphics segmen untuk nilai IGP segmen, untuk menggantikan chipset AMD 480/570/580 dan seri AMD 690 chipset, menandai AMD pertama antusias multi-graphics chipset. Chipset grafis diskrit diluncurkan pada tanggal 15 November 2007 sebagai bagian dari codenamed Spider desktop platform, dan chipset IGP diluncurkan nanti pada musim semi 2008 sebagai bagian dari codenamed Cartwheel platform.

AMD juga akan kembali ke pasar chipset server dengan generasi AMD 805 seri server chipset, dijadwalkan akan dirilis dalam kerangka waktu 2009.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar