Sabtu, 05 Maret 2011

LAN




Jaringan area lokal (LAN) adalah jaringan komputer yang menghubungkan komputer dan perangkat di daerah geografis yang terbatas seperti rumah, sekolah, laboratorium komputer atau bangunan perkantoran. Karakteristik LANs, berbeda dengan jaringan wilayah luas (WAN), termasuk tingkat data transfer yang biasanya lebih tinggi, wilayah geografis yang lebih kecil, dan kurangnya kebutuhan untuk sewaan telekomunikasi baris.

ARCNET, Token Ring dan standar teknologi lainnya telah digunakan di masa lalu, tapi Ethernet atas twisted pair kabel, dan Wi-Fi adalah dua teknologi yang paling umum digunakan.

Sejarah

Seperti yang lebih besar universitas dan laboratorium penelitian diperoleh lebih komputer selama akhir 1960-an, ada peningkatan tekanan untuk memberikan interkoneksi berkecepatan tinggi. Laporan pada tahun 1970 dari Laboratorium Radiasi Lawrence merinci pertumbuhan jaringan "Gurita" mereka memberikan indikasi yang baik dari situasi.

Cambridge cincin dikembangkan di Universitas Cambridge pada tahun 1974 tetapi tidak pernah berkembang menjadi produk komersial sukses.

Ethernet dikembangkan di Xerox PARC pada 1973-1975, dan filed sebagai US Patent 4,063,220. Pada 1976, setelah sistem dikerahkan di PARC, Metcalfe dan Boggs menerbitkan makalah seminarnya yang berjudul, "Ethernet: didistribusikan Packet Switching untuk jaringan komputer lokal."

ARCNET dikembangkan oleh Datapoint Corporation pada tahun 1976 dan mengumumkan pada tahun 1977.[7] Itu instalasi komersial pertama di Desember 1977 di Chase Manhattan Bank di New York.
Standar evolusi

Pembangunan dan proliferasi CP/M-berbasis komputer pribadi dari akhir 1970-an dan kemudian berbasis DOS komputer pribadi dari 1981 berarti bahwa satu situs mulai memiliki puluhan atau bahkan ratusan komputer. Daya tarik awal jaringan ini umumnya adalah untuk berbagi ruang disk dan pencetak laser, yang sangat mahal pada saat. Ada banyak antusiasme untuk konsep dan selama beberapa tahun, dari tentang 1983 seterusnya, pakar industri komputer akan secara teratur menyatakan tahun yang akan datang untuk menjadi "tahun dari LAN".

Dalam prakteknya, konsep ini dirusak oleh proliferasi tidak kompatibel fisik lapisan dan jaringan implementasi protokol, dan sejumlah metode berbagi sumber daya. Biasanya, masing-masing vendor akan memiliki jenis kartu jaringan, kabel, protokol, dan sistem operasi jaringan. Solusi yang muncul dengan munculnya Novell NetWare yang menyediakan dukungan tangan bahkan untuk puluhan jenis kartu/kabel bersaing, dan yang jauh lebih canggih sistem operasi daripada sebagian besar para pesaingnya. NetWare didominasi  bisnis komputer pribadi LAN dari awal setelah diperkenalkan pada tahun 1983 sampai pertengahan 1990-an ketika Microsoft memperkenalkan Windows NT Advanced Server dan Windows for Workgroups.

Pesaing untuk NetWare, hanya Banyan Vines memiliki kekuatan teknis yang sebanding, tapi Banyan pernah memperoleh basis aman. Microsoft dan 3Com bekerja bersama-sama untuk menciptakan sebuah sistem operasi jaringan sederhana yang membentuk dasar 3Com juga menyediakan 3 + berbagi, Microsoft LAN Manager dan IBM LAN Server - tapi tak satu pun dari ini yang sangat sukses.

Selama periode yang sama, Unix komputer workstation dari vendor seperti Sun Microsystems, Hewlett-Packard, Silicon Graphics, Intergraph, berikutnya dan Apollo menggunakan jaringan TCP/IP didasarkan. Meskipun segmen pasar ini sekarang jauh berkurang, teknologi yang dikembangkan di daerah ini terus berpengaruh di Internet dan di Linux dan Apple Mac OS X jaringan — dan protokol TCP/IP sekarang hampir sepenuhnya menggantikan IPXAppleTalk, Netbeui, dan protokol lain yang digunakan oleh LAN PC awal.
 Pengkabelan

Awal LAN pengkabelan telah selalu telah didasarkan pada berbagai nilai coaxial cable. Namun terlindung twisted pair yang digunakan pada IBM Token Ring implementasi, dan pada tahun 1984 StarLAN menunjukkan potensi sederhana unshielded twisted pair dengan menggunakan Cat3-kabel sederhana yang sama digunakan untuk sistem telepon. Ini menyebabkan perkembangan 10Base-T (dan penerusnya) dan terstruktur pengkabelan yang adalah masih dasar LAN paling komersial hari ini. Selain itu, serat optik kabel semakin digunakan dalam aplikasi komersial.

Sebagai pengkabelan diperbolehkan tidak selalu, Wi-Fi nirkabel adalah sekarang teknologi yang paling umum di perumahan lokal, seperti pengkabelan diperlukan minimal dan sangat baik cocok untuk mobile laptop dan smartphone.
Aspek teknis

Ethernet beralih adalah implementasi lapisan Data-Link dan lapisan fisik yang paling umum untuk jaringan area lokal. Di lapisan yang lebih tinggi, protokol Internet (TCP/IP) telah menjadi standar. LAN kecil umumnya terdiri dari satu atau lebih switch terhubung satu sama lain, sering setidaknya satu yang terhubung ke router, modem kabel atau modem ADSL untuk akses Internet.

LAN yang lebih besar ditandai dengan penggunaan berlebihan link dengan switch yang menggunakan protokol pohon rentang untuk mencegah loop,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar