Sabtu, 05 Maret 2011

MAN



Jaringan wilayah metropolitan (MAN) adalah jaringan komputer yang besar yang biasanya mencakup kota atau kampus besar. Seorang pria biasanya interkoneksi sejumlah jaringan wilayah lokal (LAN) menggunakan teknologi tulang punggung berkapasitas tinggi seperti serat optik link, dan menyediakan layanan up-link jaringan wilayah luas (atau WAN) dan Internet.

IEEE 802-2001 standar menggambarkan manusia sebagai :
"Seorang pria dioptimalkan untuk wilayah geografis yang lebih besar daripada LAN, mulai dari beberapa blok bangunan untuk seluruh kota. MANs dapat juga bergantung pada saluran komunikasi kecepatan data sedang-tinggi. Seorang pria mungkin dimiliki dan dioperasikan oleh satu organisasi tunggal, tetapi biasanya akan digunakan oleh banyak individu dan organisasi. MANs mungkin juga dimiliki dan dioperasikan sebagai prasarana umum. Mereka sering akan menyediakan sarana untuk internetworking jaringan lokal.

Penulis Kenneth C. Laudon dan Jane P. Laudon(2001) sistem informasi manajemen: mengelola perusahaan Digital 10 ed. menentukan jaringan wilayah metropolitan sebagai:
"Metropolitan Area Network (MAN) adalah jaringan komputer yang besar yang mencakup wilayah metropolitan atau kampus. Lingkup geografis jatuh antara LAN dan WAN. MANs menyediakan konektivitas Internet untuk LAN di daerah metropolitan, dan menghubungkan mereka ke lebih luas daerah jaringan seperti Internet.

Juga dapat digunakan di televisi kabel.
Pelaksanaan

Beberapa teknologi yang digunakan untuk tujuan ini adalah Asynchronous Transfer Mode (ATM), FDDI, dan SMDS. Teknologi ini sedang dalam proses terlantar akibat berbasis Ethernet koneksi (misalnya, Metro Ethernet) di sebagian besar wilayah. MAN link antara jaringan area lokal telah dibangun tanpa kabel yang menggunakan gelombang mikro, radio, atau link infra merah laser. Kebanyakan perusahaan sewa atau sewa sirkuit dari angkutan umum karena fakta bahwa meletakkan lama membentang kabel bisa mahal.

DQDB, didistribusikan antrian Dual Bus, adalah wilayah metropolitan jaringan standar untuk komunikasi data. Itu ditentukan di IEEE 802.6 standar. Menggunakan DQDB, jaringan dapat hingga 20 mil (30 km) dan beroperasi pada kecepatan 34 hingga 155 Mbit/s.

Beberapa jaringan terkenal dimulai sebagai MANs, seperti Internet mengintip poin MAE West, MAE-Timur, dan jaringan media Sohonet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar