Sabtu, 05 Maret 2011

WAN


Wide-area network (WAN) adalah jaringan komputer yang mencakup daerah luas (yaitu, jaringan manapun komunikasi yang link salib metropolitan, batas-batas regional, atau nasional). Ini adalah berbeda dengan personal area network (PANs), jaringan wilayah lokal (LAN), kampus area network (kaleng) atau wilayah metropolitan jaringan (MANs) yang biasanya terbatas untuk ruangan, bangunan, kampus atau wilayah metropolitan tertentu (misalnya, kota) masing-masing.

Pilihan desain
Dari aamir:WANs yang digunakan untuk menghubungkan LAN dan jenis jaringan bersama-sama, sehingga pengguna dan komputer dalam satu lokasi dapat berkomunikasi dengan pengguna dan komputer di lokasi lain. Wan banyak dibangun untuk satu organisasi tertentu dan swasta. Lain, dibangun oleh penyedia layanan Internet, menyediakan koneksi dari sebuah organisasi LAN ke Internet. Wan sering dibangun menggunakan jaringan leased lines. Di setiap akhir leased line, router menghubungkan LAN di satu sisi dan sebuah hub dalam WAN di sisi lain. Jaringan leased lines bisa sangat mahal. Alih-alih menggunakan jaringan leased lines, Wan juga dapat dibangun menggunakan kurang mahal sirkuit beralih atau packet switching metode. Protokol jaringan termasuk TCP/IP memberikan transportasi dan menangani fungsi. Protokol yang termasuk paket atas SONET/SDH, MPLS, ATM dan Frame relay sering digunakan oleh penyedia layanan untuk memberikan link yang digunakan dalam Wan. X.25 adalah protokol WAN awal yang penting, dan sering dianggap "Kakek" Frame Relay sebagai banyak mendasari protokol dan fungsi X.25 yang masih digunakan hari ini (dengan upgrade) oleh Frame Relay.

Penelitian akademik menjadi jaringan wilayah luas dapat dipecah menjadi tiga wilayah: model matematika, jaringan emulasi dan simulasi jaringan.

Peningkatan kinerja kadang-kadang disampaikan melalui WAFS atau WAN optimasi.
Pilihan teknologi sambungan

Juga ada beberapa cara untuk menghubungkan NonStop seri s server untuk Wan, termasuk melalui ServerNet Wide Area Network (SWAN) atau ANGSA 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10 untuk telepon-genggam, yang menyediakan konektivitas WAN klien ke server yang memiliki port Ethernet dan perangkat lunak komunikasi yang sesuai. Anda juga dapat menggunakan Asynchronous Wide Area Network (AWAN) akses server, yang menawarkan ekonomis asynchronous akses hanya-WAN. Beberapa pilihan tersedia untuk konektivitas WAN:
Opsi: Deskripsi keuntungan kekurangan Bandwidth kisaran sampel protokol yang digunakan
Leased line Point-to-Point hubungan antara dua komputer atau jaringan wilayah lokal (LAN) paling aman mahal PPP HDLC, SDLC, HNAS
Circuit switching jalan berdedikasi sirkuit dibuat antara titik akhir. Contoh terbaik adalah koneksi dialup kurang mahal Call Setup 28 - 144 kbit/s PPP, ISDN
Packet switching perangkat transportasi paket melalui bersama satu point-to-point atau point-to-multipoint link di seluruh kapal induk internetwork. Panjang variabel paket ditransmisikan melalui permanen Virtual sirkuit (PVC) atau beralih sirkuit Virtual (SVC) bersama media di seluruh link X.25 Frame-Relay
Sel me-relay serupa packet switching, tetapi menggunakan tetap panjang sel bukannya panjang variabel paket. Data dibagi menjadi panjang tetap sel dan kemudian diangkut melintasi sirkuit virtual terbaik untuk penggunaan simultan suara dan data Overhead dapat cukup ATM

Transmisi harga biasanya berkisar sedikit 1200/s ke 24 Mbit/s, meskipun beberapa koneksi seperti ATM dan Leased lines dapat mencapai kecepatan lebih besar daripada 156 Mbit/s. khas komunikasi link digunakan dalam Wan saluran telepon, microwave link & satelit saluran.

Baru-baru ini dengan proliferasi biaya rendah konektivitas Internet banyak perusahaan dan organisasi telah berpaling ke VPN untuk interkoneksi jaringan mereka, menciptakan WAN dengan cara itu. Perusahaan seperti Cisco, jaringan-jaringan Edge baru dan Check Point menawarkan solusi untuk membuat jaringan VPN.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar